HEADLINE
---

Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM)

Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM)

BOBINTEL.COM - Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) - Rencana Kerja Tahunan (RKT) Madrasah merupakan unsur yang sangat penting dalam pengelolaan madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan madrasah.

Rencana Kerja Tahunan Madrasah ini merupakan garis besar program kegiatan yang harus dijabarkan kembali oleh masing-masing warga madrasah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Dengan demikian kedisiplinan dan kerja sama dalam mewujudkan peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilaksanakan.

Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, Madrasah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan Madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan. Dalam pendidikan, serta lain –lain. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah ( RKTM ) agar Madrasah memiliki rambu – rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, monitoring dan  evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.

Rencana kerja yang telah disusun ini akan berjalan lancar bila didukung penuh oleh semua pihak, baik kepala madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, komite madrasah, orang tua/wali, dan stakeholder. Rencana kerja yang disusun sebaik apapun, apabila tanpa partisipasi dan dukungan dari komponen pendukungnya, maka rencana kerja hanya tinggal dokumen tertulis. Oleh karena itu, kerja sama dan kerja keras dari masing-masing komponen yang ada sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan madrasah.

Masih banyak terdapat kekurangan dan keterbatasan dalam Rencana Kerja Tahunan Madrasah ini, maka sangat diharapkan masukan, saran, dan kritik untuk penyempurnaan rencana kerja tahunan pada tahun pelajaran pelajaran berikutnya.

Tujuan Penyusunan RKTM

Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTM ini adalah :
  1. Membantu Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
  2. Membantu Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat , dan
  3. Membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas

Manfaat RKTM

Manfaat RKTM ini dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Sebagai acuan bagi Madrasah untuk mencapai target – target peningkatan kualitas pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek,
  2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi Madrasah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari non pemerintah,
  3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
  4. Sebagai tolok ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di Madrasah.

Download Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM)

Selengkapnya tentang Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<
Baca Juga:
Posting Komentar