Program Kerja Perpustakaan

Program Kerja Perpustakaan

BOBINTEL.COM - Program Kerja Perpustakaan

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah.

Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik, padahal di negara maju perpustakaan sekolah menjadi pusat guna mendukung aktivitas belajar mengajar yang begitu dimanfaatkan oleh para warga sekolahnya dengan sangat optimal, hal tersebut berbeda dengan kondisi di negara kita Indonesia.

Dari berbagai sudut pemikiran di atas, Pengelolah Perpustakaan berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai pusat pengetahuan (center of knowledge) dapat terealisasi secara optimal.

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya. Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan.

Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud.

Namun masalahnya sekarang pengelola perpustakaan yang memiliki pendidikan khusus perpustakaan masih sangat kurang, sehingga belum terwujudnya profesionalisme perpustakaan.

Untuk itu perpustakaan sekolah perlu ditunjang oleh manajemen perpustakaan yang baik, guna mewujudkan manajemen yang baik maka diperlukan program kerja terarah yang nantinya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan.

TUJUAN PROGRAM PERPUSTAKAAN

1. Tujuan Umum

Memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja perpustakaan untuk menjadi perpustakaan sekolah yang mampu mendukung visi dan misi sekolah secara umum serta sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

2. Tujuan Khusus

Menerapkan administrasi pustaka yang profesional dan akuntabel.

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH / MADRASAH

Rencana kerja perpustakaan sekolah / Madrasah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah.

Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

1. Program Jangka Pendek

Program jangka pendek ini tertuang dalam beberapa tahapan program yang nantinya akan diwujudkan dalam beberapa jenis kegiatan. Jenis program tersebut antara lain terdiri dari:
  1. Program pengadaan koleksi dan fasilitas perpustakaan,
  2. Pengelolaan bahan pustaka tahap pertama (I),
  3. Pengelolaan bahan pustaka tahap kedua (II),
  4. Perawatan dan pemeliharaan (maintenance) koleksi bahan pustaka,
  5. Sirkulasi bahan pustaka,
  6. Pemberian layanan prima bagi para pembaca,
  7. Peningkatan minat baca bagi warga sekolah,
  8. Pemeliharaan fasilitas perpustakaan,
  9. Pembagian dan pengembalian buku paket,
  10. Promosi perpustakaan, dan
  11. Pengikutsertaan perpustakaan sekolah dalam berbagai lomba.

2. Program Jangka Panjang

  1. Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 4 judul dengan 6 eks setiap tahunnya
  2. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
  3. Meningkatkan minat baca para siswa dengan memberikan bahan pustaka yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum siswa.
Selengkapnya tentang Program Kerja Perpustakaan bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

Posting Komentar untuk "Program Kerja Perpustakaan"