Program Kerja Waka Kurikulum

Program Kerja Waka Kurikulum

BOBINTEL.COM - Program Kerja Waka Kurikulum - Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang menunjang proses pembangunan masyarakat dan turut bertanggungjawab untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Oleh karena itu, kegiatan madrasah di semua bidang harus relevan dan terpadu dengan kebutuhan dan aktifitas keseharian masyarakat pada umumnya, dan masyarakat wali murid pada khususnya agar kedua belah pihak dapat mewujudkan kerjasama yang sebaik-baiknya dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan keluarannya (output).

Hubungan timbal balik (Mutual Relationship) antara Madrasah dan masyarakat, khususnya wali murid akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Hubungan ini bersifat sukarela berdasarkan keyakinan dan kesadaran bahwa madrasah merupakan bagian integral dari masyarakat. Dengan hubungan tersebut diharapkan tumbuhnya kreatifitas dan dinamika kedua belah pihak, sehingga hubungan itu bersifat aktif, proaktif dan dinamis. Hal ini memungkinkan sifat keterbukaan masyarakat, khususnya orangtua/wali murid terhadap inovasi dan perubahan di segala lini pendidikan di madrasah.

Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi juga membuka peluang masyarakat, khususnya orangtua/wali murid untuk dapat meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan.

Untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, madrasah harus dapat menjalin kerjasama yang sinergis dengan orangtua/keluarga/wali murid dan masyarakat. Kerjasama secara sinergis itu diperlukan untuk menciptakan proses pembelajaran dan pembelajaran yang kondusif, interaktif dan menyenangkan agar peserta didik menjadi manusia yang berpendidikan, beretika, berbudaya dan menjadi warga negara yang produktif.

Jika seluruh komponen masyarakat, khususnya orangtua/wali murid dapat bekerjasama untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran yang demikian, niscaya peserta didik akan berhasil dalam menempuh pendidikannya secara berkualitas; bukan hanya dalam mencapai jenjang pendidikan yang dicita-citakan, tetapi juga berhasil dalam kehidupannya di masa mendatang.

Berdasarkan uraian di atas, maka agar pelaksanaan tugas Wakamad Kurikulum Madrasah , khususnya guru mata pelajaran bisa berdayaguna dan berhasil guna, tepat sasaran sesuai harapan perlu disusun Program Kerja sebagai pedoman pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) dimaksud.

Fungsi Waka Kurikulum

Fungsi pokok hubungan madrasah melalui Wakamad Kurikulum adalah menarik simpati orang tua/wali murid dan masyarakat pada umumnya sehingga dapat meningkatkan relasi hubungan yang bersifat kekeluargaan yang akrab, meningkatkan animo dan antusiasme mereka kepada MTs. Syafiiyah.

Hal ini akan membantu madrasah mensukseskan program-programnya sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fungsi Wakamad Kurikulum dengan orangtua/wali murid dan masyarakat pada umumnya, di antarnya sebagai berikut:
  1. Mengatur hubungan structural antara guru mata pelajaran, wali kelas dan guru piket dengan orangtua/wali murid dengan berbasis pada implementasi empat kompetensi atau keterampilan guru.
  2. Memahami secara benar tentang kode etik komunikasi dan etika profesi guna menjalankan hubungan structural dan horizontal dengan guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket, coordinator KBM dan orangtua/wali murid.
  3. Membangun dan memelihara hubungan baik dengan guru mata pelajaran, wali kelas, coordinator KBM, guru piket dan masyarakat pada umumnya.
  4. Memaksimalkan dalam memainkan perannya sebagai agen informasi di bidang kurikulum
  5. Menjalankan semua jenis administrasi kurikulum yang diberlakukan madrasah.

Tujuan

Hubungan madrasah melalui Wakamad Kurikulum dibangun dengan tujuan popularitas Madrasah di bidang kualitas pembelajaran. Popularitas di bidang kualitas pembelajaran. Madrasah tentu menjadi tinggi jika Wakamad Kurikulum mampu mengimplementasikan fungsi dan perannya secara konsisten dengan etos kerja tinggi yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dan cita-cita bersama dan dari program tersebut akan mampu melahirkan sosok- sosok individu yang mapan secara intelektual, emosional dan spiritual. Dengan popularitas ini madrasah semakin eksis dan semakin maju serta berkembang signisikan baik dari sisi kualitas dan kuantitas.

Tujuan terbangunnya hubungan madrasah melalui Wakamad Kurikulum dengan orangtua/wali murid, murid dan masyarakat, diantaranya sebagai berikut:
  1. Memberi penjelasan dan bukti tentang perkembangan intelektual, spiritual dan emosional murid kepada orangtua/wali murid dan masyarakat.
  2. Menampung aspirasi, keluhan, kemudahan dan pendapat-pendapat dari orangtua/wali murid kepada unsur-unsur madrasah, khususnya Wakamad Kurikulum dalam hubungannya dengan proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran, mutu keluaran pembelajaran, pembinaan, pengembangan intelektual, emosional dan pengembangan kompetensi spiritual murid.
  3. Dapat memelihara hubungan yang harmonis dan terciptanya kerjasama yang positif dan strategis bagi kedua pihak.

Sasaran

  1. Wakamad Kurikulum MTs. Syafiiyah sebagai penghubung yang paling dekat dari pihak madrasah dengan guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket, coordinator KBM di dalam pembelajaran di madrasah. Upaya yang dilakukan oleh Wakamad Kurikulum tersebut guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan mempererat hubungan structural dan horizontal antara wakamad Kurikulum dengan guru mata pelajaran, wali kelas, guru piket dan coordinator KBM secara akrab, harmonis dan beritika, mengingat madrasah tidak bisa lepas dari mereka. Alasan lain bahwa mereka adalah partner madrasah dalam mencapai kesuksesan madrasah itu sendiri. Prestise madrasah semakin tinggi di mata orangtua/wali murid dan murid jika madrasah mampu melahirkan peserta didik yang cerdas, berkepribadian, berbudaya, relgius dan mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperolah guna memajukan masyarakat.
  2. Wakamad Kurikulum memberikan laporan secara tertulis tentang kemajuan pembelajaran yang diraih oleh setiap murid setiap saat sesuai dengan program kerja Wakamad Kurikulum yang diberlakukan oleh madrasah. Di samping itu, Wakamad Kurikulum menyampaikan kemajuan dan perkembangan pembelajaran setiap murid kepada orangtua/wali murid melalui wali kelas di antaranya tentang program-program dan progress pembelajaran murid, prestasi-prestasi yang diraih oleh murid, kendala- kendala yang dihadapi murid dan sebagainya.
  3. Wakamad Kurikulum digunakan oleh madrasah sebagai agen utama guna mendapatkan semua informasi terkait proses pembelajaran dan pendidikan yang akan, sedang dan yang telah dilaksanakan oleh guru mata pelajaran. Sedangkan agen kedua adalah wali kelas, coordinator KBM, guru piket dan unsur madrasah lainnya. Dengan harapan, baik agen informasi utama dan agen informasi kedua bisa memberikan informasi yang sangat tepat terkait dengan berlangsungnya pembelajaran dan pendidikan yang dijalankan oleh guru mata pelajaran. Dua agen tersebut diberlakukan dan dijalankan di MTs. Syafiiyah guna mencapai kebaikan bersama, dan untuk mensukseskan program-program pembelajaran yang berkualitas di Madrasah.
Selengkapnya tentang Program Kerja Waka Kurikulum bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

Posting Komentar untuk "Program Kerja Waka Kurikulum"