Program Kerja Waka Humas


Program Kerja Waka Humas

BOBINTEL.COM - Program Kerja Waka Humas - Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang menunjang proses pembangunan masyarakat dan turut bertanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Oleh karena itu, kegiatan madrasah di semua bidang harus relevan dan terpadu dengan kebutuhan dan aktifitas keseharian masyarakat, agar kedua belah pihak dapat mewujudkan kerjasama yang sebaik-baiknya dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan keluarannya.

Hubungan timbal balik antara madrasah dan masyarakat akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Hubungan ini bersifat sukarela berda sarkan keyakinan dan kesadaran, bahwa madrasah merupakan bagian integral dari masyarakat. Dengan hubungan tersebut diharapkan tumbuhnya kreatifitas dan dinamika kedua belah pihak, sehingga hubungan itu bersifat aktif dan dinamis.

Hal ini memungkinkan sifat keterbukaan masyarakat terhadap inovasi. Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi membuka peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan.

Untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, madrasah harus dapat menjalin kerja sama yang sinergis dengan keluarga dan masyarakat. Kerja sama secara sinergis itu diperlukan untuk menciptakan proses pengajaran dan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, agar peserta didik menjadi manusia yang berpendidikan (well-educated) dan warga negara yang produktif (productive citizens).

Jika seluruh komponen masyarakat dapat bekerja sama untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran yang demikian, niscaya peserta didik akan berhasil dalam menempuh pendidikannya, bukan hanya dalam mencapai jenjang pendidikan yang dicita-citakan, tetapi juga berhasil dalam kehidupannya.

Berdasarkan hal-hal di atas, maka agar pelaksanaan tugas Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah Syafiiyah Bidang Kurikulum berdayaguna dan berhasilguna, tepat sasaran sesuai harapan perlu disusun Program Kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas dimaksud.

Fungsi

Fungsi pokok hubungan madrasah dengan masyarakat adalah menarik simpati masyarakat pada umumnya serta publik pada khususnya sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo dan antusiasme masyarakat pada Madrasah.

Hal ini akan membantu madrasah mensukseskan program- programnya sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fungsi hubungan madrasah dengan masyarakat diantarnya sebagai berikut:
  1. Mengatur hubungan antar warga madrasah
  2. Mengatur hubungan madrasah dengan orang tua.
  3. Memelihara hubungan baik dengan komite madrasah.
  4. Memelihara dan mengembangkan hubungan madrasah dengan lembaga- lembagapemerintah, swasta dan organisasi nasional.
  5. Memberi pengertian kepada masyarakat tentang fungsi madrasah melalui berm acam-macam tehnik komunikasi, seperti: brosur, banner, baliho, majalah, surat kabar, website, e-mail dan lain-lain

Dasar Pelaksanaan

  • a. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS;
  • b. UU No 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah Pasal 11 Ayat 2;
  • c. PP RI No 19 Tahun 2005 Tentang SNP Bab VIII Standar Pengelolaan Pasal 49 Ayat 1;
  • d. Kalender Pendidikan Madrasah
  • e. Surat Keputusan Kepala Madasah

Tujuan

Hubungan madrasah dengan masyarakat dibangun dengan tujuan popularitas MTs. Syafiiyah di mata masyarakat. Popularitas MTs. Syafiiyah akan tinggi jika mampu menciptakan program-program madrasah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dan cita-cita bersama dan dari program tersebut mampu melahirkan sosok- sosok individu yang mapan secara intelektual dan spiritual. Dengan popularitas ini madrasah eksis dan semakin maju. Tujuan hubungan madrasah dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut:
  1. Memberi penjelasan tentang kebijaksanaan penyelenggaraan madrasah situasi dan perkembangannya.
  2. Menampung sarana-sarana dan pendapat-pendapat dari warga madrasah dalam hubungannya dengan pembinaan dan pengembang madrasah.
  3. Dapat memelihara hubungan yang harmonis dan terciptanya kerja sama antar warga madrasah sendiri.

Sasaran

  1. Wakil Kepala Madrasah bidang Hubungan dengan Masyarakat MTs. Syafiiyah sebagai penghubung dari pihak madrasah dengan masyarakat selalu dipelihara dengan baik karena madrasah akan selalu berhubungan dengan masyarakat, tidak bisa lepas darinya sebagai partner madrasah dalam mencapai kesuksesan madrasah itu sendiri. Prestise madrasah semakin tinggi di mata masyarakat jika madrasah mampu melahirkan peserta didik yang cerdas, berkepribadian dan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam memajukan masyarakat.
  2. Terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat atau pihak- pihak tertentu di luar organisasi tersebut agar mendapatkan dukungan terhadap efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kerja secara sadar dan sukarela.
  3. Untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat. Dan mengupayakan terjadinya kerjasama yang baik antar madrasah dengan masyarakat untuk kebaikan bersama, atau secara khusus bagi madrasah jalinan hubungan tersebut adalah untuk mensukseskan program-program di Madrasah.
Selengkapnya tentang Program Kerja Waka Humas bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<

Posting Komentar untuk "Program Kerja Waka Humas"